Santunan Anak Yatim di Bulan Muharram - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Kendal

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : http://s.bps.go.id/skdkendal2024

Anda bisa menyampaikan pengaduan layanan kepada kami disini atau  mengakses Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) disini

Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui Nomor Layanan Informasi dan Data BPS Kabupaten Kendal (NOLA) WA 0896-3324-3324, email bps3324@bps.go.id dengan subject Permintaan Data, dan akses ke pst.bps.go.id

Santunan Anak Yatim di Bulan Muharram

Santunan Anak Yatim di Bulan Muharram

29 Agustus 2022 | Kegiatan Statistik Lainnya


Masih dalam suasana bulan Muharram, BPS Kabupaten Kendal melakukan salah satu amalan yang dianjurkan pada bulan Muharram, yaitu menyantuni anak yatim piatu. Menyantuni anak yatim di bulan Muharram adalah salah satu sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Jum'at (26/8), perwakilan pegawai BPS Kabupaten Kendal mengunjungi Panti Asuhan Al Qarim yang berada di Kecamatan Singorojo Kendal dengan memberikan bantuan sembako. Bantuan sudah diterima secara langsung oleh pengurus panti asuhan.

Dari beberapa dalil Al Qur'an dan Hadits disampaikan keutamaan menyantuni anak yatim di bulan Muharram antara lain :
1. Mendapat Kemudahan di Surga
    "Barangsiapa yang memelihara anak yatin di tengah kaum muslimin untuk memberi makan dan minum, pasti Allah memasukkannya ke dalam surga, kecuali jika ia telah berbuat dosa yang tidak dapat diampuni" (HR. Tirmidzi)
2. Pahala Seperti Berjihad
    Rasulullah SAW pernah bersabda "Barang siapa yang mengasuh tiga anak yatim, maka bagaikan bangun pada malam hari dan puasa pada siang harinya, dan bagaikan orang yang keluar setiap pagi dan sore menghunus pedangnya untuk berjihad di jalan Allah. Dan kelak di surga bersamaku bagaikan saudara, sebagaimana kedua jari ini, yaitu jari telunjuk dan jari tengah. (HR. Ibnu Majah)
3. Mendapat Perlindungan di Hari Kiamat
    "Demi Allah yang mengutusku dengan kebenaran, di hari kiamat Allah SWT. tidak akan mengazab orang yang mengasihi anak yatim dan bersikap ramah kepadanya serta bertutur kata yang manis. Dia benar-benar menyayangi anak yatim dan memaklumi kelemahannya, dan tidak menyombongkan diri pada tetangga atas kekayaan yang diberikan Allah kepadanya".(HR. AT-Thabrani)
"Demi Allah yang mengutusku dengan kebenaran, di hari kiamat Allah Swt. tidak akan mengazab orang yang mengasihi anak yatim, dan bersikap ramah kepadanya, serta bertutur kata yang manis. Dia benar-benar menyayangi anak yatim dan memaklumi kelemahannya, dan tidak menyombongkan diri pada tetangganya atas kekayaan yang diberikan Allah kepadanya." (HR. AT – Thabrani)

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Keutamaan Menyantuni Anak Yatim di Bulan Muharram, Dijanjikan Ini di Hari Kiamat ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/lifestyle/muslim/keutamaan-menyantuni-anak-yatim-di-bulan-muharram-dijanjikan-ini-di-hari-kiamat/2.


Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps
erikut ini adalah keutamaan menyantuni anak yatim di bulan Muharram dari beberapa dalil Al Quran dan hadits. Keutamaan Menyantuni Anak Yatim di Bulan Muharram

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Keutamaan Menyantuni Anak Yatim di Bulan Muharram, Dijanjikan Ini di Hari Kiamat ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/lifestyle/muslim/keutamaan-menyantuni-anak-yatim-di-bulan-muharram-dijanjikan-ini-di-hari-kiamat.


Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik  Kabupaten Kendal (Statistics of Kendal Regency)Jl. Pramuka Komplek Perkantoran Kendal

Telp (0294) 381461

Faks (0294) 383461

Mailbox : bps3324@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik