Pelatihan Calon Petugas Sakernas Februari 2021 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Kendal

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : http://s.bps.go.id/skdkendal2024

Anda bisa menyampaikan pengaduan layanan kepada kami disini atau  mengakses Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) disini

Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui Nomor Layanan Informasi dan Data BPS Kabupaten Kendal (NOLA) WA 0896-3324-3324, email bps3324@bps.go.id dengan subject Permintaan Data, dan akses ke pst.bps.go.id

Pelatihan Calon Petugas Sakernas Februari 2021

Pelatihan Calon Petugas Sakernas Februari 2021

22 Januari 2021 | Kegiatan Statistik


Hallo #sahabatdata, pernah mendengar tentang Sakernas?

Sakernas atau Survei Angkatan Kerja Nasional adalah survei berbasis rumah tangga yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirancang khusus untuk mengumpulkan data ketenagakerjaan di Indonesia. Sakernas dilaksanakan pertama kali pada tahun 1976. Sakernas dilaksanakan secara semesteran, yaitu Semester I pada bulan Februari dan Semester II pada bulan Agustus. Sakernas telah mengalami berbagai perubahan baik waktu pelaksanaan, level estimasi, cakupan maupun metodologi. Sakernas Februari 2021 kali ini sudah menggunakan konsep ketenagakerjaan ICLS-13. 

Menyesuaikan kondisi "new normal' pada masa pandemi Covid19, Sakenas mengalami perubahan baik kuesioner maupun proses bisnis. Penyesuaian proses bisnis meliputi tahap pelatihan yang diselenggarakan dengan e-learning dan pada tahap updating dan pencacahan, menyesuaikan dengan identifikasi wilayah yang memiliki resiko tinggi penyebaran Covid19.

Saat ini BPS Kabupaten Kendal sedang melaksanakan pelatihan petugas Sakernas Februari 2021 dengan metode e-learning selama 2 (dua) hari efektif pada hari Jum-at-Sabtu tanggal 22-23 Januari 2021. Peserta mengikuti pelatihan melalui elearning.bps.go.id dan juga melalui zoom yang digunakan untuk kelas virtual dipandu oleh Instruktur Daerah (Inda)). Jumlah peserta terdiri dari 7 (tujuh) orang PCL mitra dan 4 (empat) orang organik BPS sebagai PML. Dengan diselenggarakannya pelatihan ini diharapkan calon petugas mampu memahami konsep dan metodologi sehingga pada pelaksanaan lapangan tidak mengalami kendala.

Jadwal kegiatan Sakernas Februari 2021 akan dimulai pada tanggal 27 Januari sampai dengan 7 Februari 2021 (12 hari) untuk kegiatan pemuktahiran rumah tangga sebanyak 20 blok sensus, sementara untuk kegiatan pencacahan rumah tangga sampel akan dilaksanakan pada tangga 8 - 25 Februari 2021. Beban tugas untuk masing-masing PCL adalah 3 (tiga) blok sensus, namun ada 1 PCL yang beban tugasnya hanya 2 (dua) blok sensus. BPS Kabupaten Kendal menggunakan mekanisme ban berjalan terkait kegiatan lapangan dan pengolahan.

Pelaksanaan lapangan Sakernas Februari 2021 harus memperhatikan protokol kesehatan yaitu Physical Distancing dan petugas dilengkapi dengan penggunaan alat pelindung diri (masker, faceshield, dan antiseptic/hand sinitizer).



#sahabatdata
#bpskendal

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik  Kabupaten Kendal (Statistics of Kendal Regency)Jl. Pramuka Komplek Perkantoran Kendal

Telp (0294) 381461

Faks (0294) 383461

Mailbox : bps3324@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik