KUNJUNGAN MAHASISWA AKADEMI ILMU STATISTIK MUHAMMADIYAH SEMARANG KE BPS KABUPATEN KENDAL - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Kendal

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : http://s.bps.go.id/skdkendal2024

Anda bisa menyampaikan pengaduan layanan kepada kami disini atau  mengakses Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) disini

Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui Nomor Layanan Informasi dan Data BPS Kabupaten Kendal (NOLA) WA 0896-3324-3324, email bps3324@bps.go.id dengan subject Permintaan Data, dan akses ke pst.bps.go.id

KUNJUNGAN MAHASISWA AKADEMI ILMU STATISTIK MUHAMMADIYAH SEMARANG KE BPS KABUPATEN KENDAL

KUNJUNGAN MAHASISWA AKADEMI ILMU STATISTIK MUHAMMADIYAH SEMARANG KE BPS KABUPATEN KENDAL

22 Oktober 2016 | Kegiatan Statistik


Rabu, 12 Oktober 2016 pukul 12.00 WIB BPS Kabupaten Kendal mendapatkan kunjungan dari mahasiswa Akademi Ilmu Statistik Muhammadiyah (AIS-M) Semarang sebanyak 40 orang yang didampingi oleh dua orang dosen pembimbing.  Kunjungan ini dalam rangka tindak lanjut dari MoU Kepala BPS Kabupaten Kendal dan Direktur AIS-M perihal kerjasama tentang pelaksanaan ubinan Sub Round III Tahun2016Nomor : E.1/20/MoU/AISM/Dir/IX/2016 dan Nomor : B-292/BPS/33241/09/2016 tanggal 16 September 2016.

 

Dalam rangka implementasi ilmu yang diperoleh para mahasiswa AIS-M untuk aplikasi pelaksanaan lapangan yang sesungguhnya tentang bagaimana proses pengumpulan data dilakukan, khususnya untuk mata kuliah Statistik Sektoral yang berkaitan dengan statistik pertanian dan industri, maka para mahasiswa ini akan ikut belajar dan turunlapanganbersama tim BPS Kabupaten Kendal dalam pelaksanaan ubinan SR III Tahun 2016, untuk kegiatan ubinan masa panen Oktober-Desember 2016.Dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat diperoleh manfaat dan gambaran langsung bagi mahasiswa tentang bagaimana proses pengumpulan data dilakukan oleh BPS selama ini khususnya yang terkait dengan statistik tanaman pangan untuk menghasilkan angka produktivitas melalui survei ubinan.

 

Kegiatan kunjungan ini dibuka dengan pengarahan dari Kepala BPS Kabupaten Kendal, Drs.Sugita,MM . Dalam pengarahannya, beliau menyampaikan bahwa para mahasiswa harus bersungguh-sungguh menyiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja. Bekal yang ada di bangku kuliah akan menjadi ilmu dasar yang dibawa ke dunia kerja.

 

 

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan perkenalan tentang BPS dan kegiatan yang dilakukan baik pengumpulan, pengolahan, pelayanan statistik terpadu, website, hasil pengumpulan data dan publikasi yang telah diterbitkan BPS Kabupaten Kendal.

 

Setelah itu selama kurang lebih dua jam mahasiswa diberikan pembekalan tentang metode survei ubinan secara teori dan praktek. Ketika dipilih dua  wakil dari mahasiswa untuk maju ke depan mencoba  mengangkat alat ubinan, reaksi mereka terlihat ”takjub” dengan perjuangan BPS dalam mencari data (ternyata alatnya cukup berat).

 

Berhubung cuaca hujan, maka praktek dilakukan di ruang aula dengan mengasumsikan aula sebagai bidang sawah. Para mahasiswa cukup antusias terutama saat belajar membaca tabel angka random untuk penentuan titik pangkal pemasangan alat ubinan. saat praktek memasang alat ubinan serta praktek penimbangan dan cara pembacaan skala timbangan.

 

Dalam pelaksanaan ubinan SR III Tahun 2016 ini BPS Kabupaten Kendal mendapatkan 105 plot ubinan pusat (yang terdiri dari 51 plot padi sawah, 35 plot jagung, 7 plot kacang tanah, 6 plot ubi kayu dan 6 plot ubi jalar) dan 50 plot ubinan prakarsa (untuk komoditaspadi sawah). Alat yang digunakan masih menggunakan alat lama dengan timbangan tripod.

 

Pelaksanaan kegiatan Ubinan SR III Tahun 2016 ini dilakukan secara tim yang terdiri dari 5 tim dengan kepala seksi sebagai pengawas dan anggota tim adalah KSK serta staf BPS Kabupaten Kendal termasuk staf Subbag Tata Usaha. Sementara 40 orang mahasiswa AIS-M terbagi dalam 10 kelompok yang tersebar di 5 tim. Nantinya pada saat pelaksanaan ubinan, kelompok-kelompok mahasiswa ini akan terjun langsung untuk ikut melihat, belajar dan membantu melaksanakan ubinan bersama tim BPS Kabupaten Kendal.

 

Kunjungan diakhiri dengan perkenalan dari para alumni AIS-M Semarang yang saat ini bertugas di BPS Kabupaten Kendal dan kegiatan foto bersama. 

Pengarahan Kepala BPS Kabupaten Kendal dan Perkenalan Seputar Kegiatan BPS Kabupaten Kendal

Pemberian materi tentang Survei Ubinan

Praktek tentangcara membaca tabel angka random, pengenalan alat ubinan dan cara bongkar pasangnya serta cara pembacaan skala timbangan

Tim BPS Kabupaten Kendal Melaksanakan Kegiatan Ubinan di Desa Bulak Kecamatan Rowosari

Kepala BPS Kabupaten Kendal melaksanakan Monitoring Kegiatan Ubinan

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik  Kabupaten Kendal (Statistics of Kendal Regency)Jl. Pramuka Komplek Perkantoran Kendal

Telp (0294) 381461

Faks (0294) 383461

Mailbox : bps3324@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik