Jaminan Kualitas untuk Data Berkualitas - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Kendal

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : http://s.bps.go.id/skdkendal2024

Anda bisa menyampaikan pengaduan layanan kepada kami disini atau  mengakses Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) disini

Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui Nomor Layanan Informasi dan Data BPS Kabupaten Kendal (NOLA) WA 0896-3324-3324, email bps3324@bps.go.id dengan subject Permintaan Data, dan akses ke pst.bps.go.id

Jaminan Kualitas untuk Data Berkualitas

Jaminan Kualitas untuk Data Berkualitas

1 Juli 2021 | Kegiatan Statistik


   Visi Badan Pusat Statistik (BPS) adalah "Penyedia Data Statistik Berkualitas untuk Indonesia Maju", hal tersebut mengandung arti bahwa BPS berperan dalam penyediaan data statistik nasional maupun internasional untuk menghasilkan dan menyajikan statistik yang akurat serta menggambarkan kondisi yang sebenarnya dalam rangka mendukung Indonesia Maju.

   Sejalan dengan visi tersebut dalam proses bisnis BPS, terdapat proses penjaminan kualitas yang dari kegiatan ini diharapkan mampu meminimalisir kesalahan/error yang dapat mempengaruhi kualitas atau integritas output statistik. Hal ini dapat terjadi selama proses kegiatan berlangsung, mulai kegiatan pra lapangan dan pasca lapangan.

    BPS Kabupaten/Kota di Jawa Tengah berupaya menyusun dan merumuskan penjaminan kualitas pada kegiatan Long Form SP2020 yang diawali dengan kegiatan Capacity Building pada tanggal 23 Juni 2021. Kegiatan Capacity Building-Quality Assurance Framework-Quality Gates (CB-QAF-QG) diikuti oleh Cange Agent Network (CAN) dan Koordinator Fungsi Nerwilis dari 35 Kabupaten/Kota dengan narasumber dari BPS Provinsi Jawa Tengah pada Fungsi Nerwilis.

   Tindak lanjut kegiatan CB-QAF-QG ini adalah pembagian kelompok BPS Kabupaten/Kota menurut Karesidenan, yang berbagi tugas menyusun QG untuk Long Form SP2020 pada masing-masing kegiatan dan rincian sub kegiatan sesuai kondisi permasalahan yang terjadi di wilayah setempat. Hal ini bertujuan untuk memetakan risiko yang bisa atau mungkin terjadi dalam pelaksanaan proses bisnis LF-SP2020. Pengecekan dan kontrol pada setiap tahapan proses statistik yang dilakukan sejak awal dapat mereduksi atau bahkan menghilangkan kesalahan-kesalahan yang terjadi.

   Hasil Penyusunan QG selanjutnya dikompilasi dan dipaparkan pada kegiatan workshop penyusunan QG LF-SP2020, dengan peserta CAN dan KF Nerwilis BPS Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah pada tanggal 30 Juni 2021 kemarin. (INA/NWAS)
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik  Kabupaten Kendal (Statistics of Kendal Regency)Jl. Pramuka Komplek Perkantoran Kendal

Telp (0294) 381461

Faks (0294) 383461

Mailbox : bps3324@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik