Sharing Knowledge Sistem Pengelolaan Data Statistik Sektoral Melalui Aplikasi O-DAKEN - News - BPS-Statistics Indonesia Kendal Regency

In an effort to improve the quality of our data and services to you, please fill out the Data Needs Survey (SKD) via the link: http://s.bps.go.id/skdkendal2024

You can submit a service complaint to us here or access the People's Online Aspiration and Complaints Service (LAPOR) here

Online Services for Integrated Statistics Services via BPS-Statistic of Kendal Regency BPS Information and Data Service Number (NOLA) WA 0896-3324-3324, email bps3324@bps.go.id with the subject Data Request, and access to pst.bps.go.id

Sharing Knowledge Sistem Pengelolaan Data Statistik Sektoral Melalui Aplikasi O-DAKEN

Sharing Knowledge Sistem Pengelolaan Data Statistik Sektoral Melalui Aplikasi O-DAKEN

January 19, 2021 | BPS Activities


BPS Kabupaten Kendal dalam rangka menunjang kegiatan pengumpulan data statistik sektoral melalui penyajian publikasi Kabupaten Kendal Dalam Angka Tahun 2021, telah membuat Sistem Pengelolaan Data Statistik Sektoral, yaitu O-Daken (Olah Data Kendal) dengan menggunakan aplikasi web online. Implementasi O-Daken akan menjembatani kompilasi data statistik sektoral dan diharapkan mampu menyajikan data publikasi yang lebih sinkron, akurat, dan tepat waktu.

Sehubungan dengan hal tersebut, pada hari ini Selasa tanggal 19 Januari 2021 BPS Kabupaten Kendal berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Kendal sebagai dinas yang menyelenggarakan urusan pemerintah daerah di bidang statistik menyelenggarakan kegiatan "Sharing Knowledge Sistem Pengelolaan Data Statistik Sektoral Melalui O-Daken (Olah Data Kendal)" secara virtual dengan aplikasi Zoom Meeting.

Sharing Knowledge ini dibuka Sekretaris Daerah yang diwakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Bapak Tavip Poernomo, SH,MM. Dalam sambutannya beliau berharap OPD/dinas/instansi sebagai penyedia data statistik sektoral bisa menyampaikan data secara benar, update dan tepat waktu, sehingga terjadi sinergi yang kuat antara BPS dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Dinas Kominfo sebagai wali data yang akan mewujudkan publikasi Kabupaten Kendal Dalam Angka Tahun 2021 bisa terbit sesuai jadwal.

Acara sharing knowledge ini diisi dengan berbagai paparan materi antara lain :
Sosialisasi aplikasi Daku Genggam yang disampaikan oleh Achmad Zaenuri, A.Md., Penjelasan data Produk Domestik Bruto (PDRB) oleh Irma Nur Afifah, S ST.,M.Si, dan acara inti yaitu Penjelasan dan Praktek Pengisian O-Daken yang disampaikan oleh Madyastuti Herni Perwitosari, S ST.

O-Daken adalah bentuk inovasi BPS Kabupaten Kendal dalam pengumpulan data secara online dengan hasil yang lebih cepat dan lebih komunikatif, yang sebelumnya dilakukan secara kunjungan langsung ke OPD/dinas/instansi. Harapannya dengan diadakan acara ini peserta memiliki pemahaman yang menyeluruh tentang data statistik sektoral, menyamakan persepsi terkait dengan data yang disajikan, memberikan pengetahuan tentang tahapan dan tata cara input data yang berbasis website, mendiskusikan jika ada kendala yang ada di dinas/instansi dan mengerti aplikasi Daku Genggam sekaligus mensosialisasikan.

Data-data yang dipublikasikan BPS Kabupaten Kendal dapat diakses pada aplikasi Daku Genggam yang merupakan salah satu inovasi yang dilakukan BPS Kabupaten Kendal untuk mewujudkan Reformasi Birokrasi pada pilar Pelayanan Publik. "Daku Genggam (Data Kendal Ku Genggam)" dapat di instal di android, dengan tujuan memberikan kemudahan, kecepatan, dan keamanan konsumen data untuk mengakses data/informasi statistik yang ada di BPS Kabupaten Kendal.

#bpskendal
#bpsprovjateng
#datamencerdaskanbangsa


Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik  Kabupaten Kendal (Statistics of Kendal Regency)Jl. Pramuka Komplek Perkantoran Kendal

Telp (0294) 381461

Faks (0294) 383461

Mailbox : bps3324@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia